Berkreasi Fotografi Dengan HP Sony W810i Jadul | Dikreatif Aktif Berkreasi



Kamera ponsel memiliki kelebihan tersendiri. Selain ringkas, ia juga dapat membagikan foto ke berbagai media sosial dengan mudah.

Banyak ponsel zaman sekarang yang hadir dengan kamera canggih, bahkan beberapa di antaranya mampu menyaingi kamera saku.
Kamera ponsel memang lebih banyak dipakai orang awam kamera ketimbang para profesional, dan mereka seringkali mengeluhkan hasil jepretan yang kurang memuaskan.
Salah Satu Kamera Idaman saya dalam memotret adalah kamera jadul fenomenal produksi Sony Ericsson W810i, Walaupun Kualitas Pixel nya baru 2 MP tapi hasil fotonya jangan di anggap remeh terbukti dari situs dan forum forum banyak yang mereview bahwa W810i dan saudaranya K750i menduduki peringkat teratas kualitas kamera terbaik di kelasnya. Saya sendiri lebih suka menggunakan fitur foto macro menggunakan HP W810i.

Untuk itulah, kali ini kami menghadirkan Cara Memaksimalkan Kamera W810i yang akan membuat hasil jepretan Anda dengan kamera ponsel tampak semakin baik.


Jangan di Perbesar

Berbeda dengan kamera DSLR atau kamera saku pada umumnya yang menggunakan sistem optical zoom, sebagian besar kamera ponsel menggunakan sistem digital zoom untuk memperbesar gambar yang akan diambil. Secara teknis, sistem digital zoom memperbesar gambar aslinya pada satu titik tertentu, sehingga gambar seringkali akan tampak kabur dan tidak beraturan.

Untuk itu, jika Anda ingin mengambil bagian gambar tertentu, sebaiknya Anda ambil seluruhnya tanpa menggunakan zoom, lalu crop (potong) bagian gambar yang diinginkan dengan aplikasi Photo Edior yang ada di ponsel Anda.


Jangan di-Filter, Biarkan Alami Murni Skill Anda

Beberapa ponsel memiliki fitur filter, sehingga Anda dapat langsung mengambil gambar dengan sensasi yang berbeda. Namun tahukah Anda bahwa sistem filter tersebut dapat menghilangkan beberapa titik fokus pada hasil jepretan Anda?

Untuk itulah, sebaiknya Anda mengambil gambar tanpa filter, lalu meng-edit gambar tersebut dengan aplikasi Photo Editor pada ponsel Anda yang biasanya juga terdapat berbagai macam pilihan filter editor di dalamnya.




Jangan Gunakan Flash

Lampu flash memang sangat membantu dalam keadaan gelap. Sayangnya, kebanyakna ponsel memiliki kualitas lampu flash yang tidak terlalu baik. Bahkan, banyak di antaranya yang hanya memancarkan cahaya tanpa ada pengaturan intensitas cahaya. Menggunakan sumber cahaya lain seperti lampu, dan lain-lain akan jauh lebih baik ketimbang menggunakan flash bawaan pada ponsel.


Pastikan Lensa Anda Bersih

Tidak seperti kamera lainnya, kamera ponsel lebih terbuka terhadap kotoran karena kebanyakaN tidak dilengkapi dengan penutup lensa. Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu membersihkan lensa terlebih dulu sebelum mengambil foto dengan kamera ponsel Anda untuk hasil yang lebih baik.


Hindari Penggunaan Efek Lens Flare

Sama seperti fitur blur, efek lens flare merupakan salah satu teknik fotografi yang tengah populer. Untuk mempermudah mengambil gambar dengan teknik tersebut, kamera ponsel biasanya menambahkan fitur efek lens flare buatan. Namun lagi-lagi fitur tersebut akan membuat foto Anda terlihat tidak natural.

Untuk mengambil gambar dengan efek lens flare, cukup arahkan sumber cahaya apa pun ke sudut bingkai kamera, dan Anda akan mendapatkan foto dengan efek lens flare yang natural.


Cetak Foto Anda

Hal ini terdengar sepele, namun dengan mencetak foto yang telah Anda ambil akan membuat foto tersebut memiliki nilai artistik lebih ketimbang hanya dipajang di Facebook ataupun Instagram. Foto yang dicetak juga memiliki nilai kenangan yang jauh lebih tinggi ketimbang data digital.


Pelajari Dasar Fotografi

Sebelum Anda mengambil gambar dengan kamera apapun, ada baiknya jika Anda mempelajari dasar fotografi terlebih dulu. Dalam dasar fotografi, Anda akan mempelajari bagaimana cara mengatur posisi foto dengan benar, mempertimbangkan intensitas cahaya, serta berbagai teknik dan aturan lainnya. Jika Anda mengikuti dasar fotografi, maka kualitas foto Anda juga akan menjadi lebih baik.

Silahkan Tulis Pesan dan Komentarnya
EmoticonEmoticon