Langkah Belajar Melukis Pensil Realistik Pemula | Dikreatif Aktif Berkreasi

Kreasi Bikin Lukisan Pensil 3D Realistik





alfaemedia.com - Belajar Melukis Bukan Perkara sulit , Didukung dengan jaman sekarang yang semakin canggih, Kita pun bisa Belajar secara Otodidak. selain dari buku sekarang banyak hal positif yang bisa kita dapat melalui dunia maya. Tapi memang ada kendalanya saat kita belajar otodidak, karena tidak ada yang menggurui kita secara langsung dan terkadang itu membuat kita sulit untuk mengimprovisasi apa yang sudah kita tahu, dan bahkan secara tidak disadari kita akan melakukan kesalahan yang sama dalam waktu yang lama. 
kali ini saya akan berbagi beberapa tips, dan beberapa kesalahan pada saat menggambar yang harus segera diperbaiki dan seringkali tidak kita sadari.

 1. Peka pada kekurangan kecil. 

Kita harus bisa membangun progres yang lebih baik disetiap kamu membuat karya baru mu. Periksa karyamu yang sudah kamu seleaikan beberapa waktu yang lalu, dan lihatlah dengan mata yang jeli lalu sadari kekurangan nya sekecil apapun. Kita membutuhkan kesalahan untuk belajar.



Ketika kamu menyadari banyak kesalahan di karyamu yang sebelumnya, jangan coba untuk memperbaiki nya sekaligus. Fokus lah pada salah satu dan yang terpenting Santai Dalam Menggambar.

2. Pencahayaan yang cukup.

Jika kamu seorang yang menggambar dengan tangan kanan, maka cahaya harus datang dari arah kiri agar bayangan tidak jatuh pada kertas di depan pensilmu dan menghalangi proses menggambarmu. 


Ketika menggambar sebaiknya kita berada di tempat yang cahayanya cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan. Tentu saja jika di tempat yang gelap akan tidak nyaman, dan perlu kalian tau jika terkena cahaya berlebihan pensil yang telah kamu goreskan akan terlihat mengkilap, dan kamu akan lebih sulit membedakan gradasi atau value pensilmu pada saat proses menggambar.

3. Perhatikan kebersihan. 

Pada saat menggambar, sebaiknya alasi bagian tanganmu yang menyentuh kertas dengan tissu atau kertas lain. Itu bertujuan agar tanganmu tidak mengotori bagian kertas. Bukan berarti setelah kamu mencuci tangan, tanganmu tidak akan mengotori kertas. Tapi penyebabnya adalah minyak atau keringat yang keluar dari kulit tanganmu yang bisa mengotori kertas.Selain itu jika kamu menggambar dengan tangan kanan mulailah menggambar dari sebelah kiri.

4. Selalu runcingkan pensilmu.

dikreatif berkreasi melukis pensil realistik dengan mudah
dikreatif berkreasi melukis pensil realistik dengan mudah
Kertas sebenarnya memiliki permukaan yang bergerigi dan tidak rata. Jika kamu mengarsir dengan pensil yang tidak runcing, hasilnya akan tidak rata. Pensil yang tumpul tidak dapat menyentuh dengan merata bagian kertas yang bentuk sebenarnya seperti bergigi.

5. Terlalu takut untuk menggambar hitam.

Seringkali saat memberikan shading, bayangan yang digambar tidak begitu gelap. Jika kamu terlalu takut memberikan warna yang gelap, itu akan membatasi range value di gambar kamu tentu hasilnya tidak akan begitu realistik dan secara tidak disadari akan membatasi pendalaman pemodelan pada gambar. Lihat contoh gambar potrait dibawah ini. 


jangan takut untuk menggambar hitam lagi atau benar benar "hitam". Coba berlatih memberikan value yang realistik dan berkesinambungan

6. Outline itu bukan garis pembatas yang tebal.

Sebelum mengarsir pasti kalian membuat outline dulu kan?! Perlu kalian ingat bahwa outline untuk gambar yang realistik itu bukan merupakan garis pembatas yang tebal, tapi outline itu dihasilkan dari perbedaan value.
Boleh saja kalian memberikan outline yang tebal, tapi gambar yang dihasilkan akan lebih ke kartun bukan realistik.

7. Membuat value

Jangan memaksakan membuat value yang beragam hanya dengan satu macam pensil. Apalagi membuat value yang gelap dengan pensil H, HB, 2B. Karena jika kita menekan pensil atau mempertebal arsiran untuk membuat value yang gelap, itu bukan cara yang tepat itu hanya akan merusak lapisan kertas.

8. Shading dan Highlight.

truk tips melukis pensil realistik

Sebenarnya highlight itu tidak selalu putih. Seperti bagian putih pada mata dan pada gigi itu agak ke abu-abuan. Dan agar highlight terlihat lebih terang buatlah shading di sekitarnya lebih gelap.

9. Pelindung hasil karyamu

truk tips melukis pensil realistik warna
Menyemprotkan Fixative (bisa dibeli di toko alat lukis, harga sekitar seratus ribu ) bisa melindungi hasil karyamu, membuatnya tahan lama dan mengurangi silau.

10. Kesabaran dipertaruhkan.

silahkan Tonton Video kreatif saya seputar kreasi kerajinan tangan dan melukis menggunakan pensil

Saat menggambar kesabaran itu sangat penting, jika memang kamu menginginkan hasil yang baik. Jika kamu terburu buru hasilnya akan terlihat di karyamu. Jangan ingin langsung menyelesaikan semua bagian, tapi selesaikan dengan baik mulai dari bagian yang kecil

Silahkan Tulis Pesan dan Komentarnya
EmoticonEmoticon